Menampilkan NIK pada Laporan Daftar Pelanggan

Berikut langkah-langkah untuk menampilkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan pada Laporan Daftar Pelanggan di Accurate versi 5 :

  1. Buka Laporan Daftar Pelanggan, dari menu Laporan | Daftar Laporan | Akun Piutang & Pelanggan.
  2. Pada Report Format klik Kolom Tersedia, kemudian cari variable “Kolom Hitungan …” dan klik 2x pada salah satu variable kolom hitungan hingga berpindah ke kolom digunakan. Pada panduan ini, menggunakan variable Kolom Hitungan 1.

    Memilih Variable Kolom Hitungan
  3. Kemudian ke Kolom & Filter, pada Kolom dan Filter Terpilih, centang ¬†variable “Kolom Hitungan 1” dan jika ingin mengubah namanya menjadi NIK, bisa dengan klik 2x pada nama kolom atau tekan F2, ubah namanya kemudian Enter. Selanjutnya klik Ok pada Report Format tersebut.

    Menggunakan dan Mengubah Variabel Kolom Hitungan menjadi NIK
  4. Klik¬†“Desain” dan akan tampil FastReport, kemudian klik Tab Data.
    Membuka Desain pada Laporan Daftar Pelanggan

    Memilih Tab Data pada Desain Laporan
  5. Pada tab Data, klik 2x pada kotak “IBX” dan akan tampil SQL Editor. Ubah SQL untuk variable Kolom Hitungan, yaitu yang sebelumnya adalah GET_REPORTCUSTOMFIELD.CUSTOMFIELD1 COLUMNVALUE_7,Kemudian ubah menjadi:
    CUSTOMER.NIK COLUMNVALUE_7,

    Klik 2x pada IBX untuk membuka SQl Editor
    Cari SQL Kolom Hitungan yang digunakan

    Mengubah SQL Kolom Hitungan
  6. Selanjutnya simpan SQL yang telah diubah dengan mengklik tanda checklist” lalu Simpan laporannya dan akan tampil form untuk penyimpanan, silakan simpan file tersebut di komputer Anda. File yang tersimpan format .fr3.

    Menyimpan Laporan yang dimodifikasi
  7. Setelah menyimpan file Laporan yang ter-design, untuk membuka-nya dilakukan dari menu Laporan | Daftar Laporan | Laporan Terdesain | klik pada “Nama”, kemudian klik impor lalu pilih file .fr3 yang sebelumnya telah disimpan.