Difference Unbilled Account

Setup | Preferences |Purchases, disana ada field untuk setting account Difference Unbilled Account (Account Type: COGS/HPP), yang fungsinya untuk menampung selisih pengakuan Persediaan kita waktu Received Item dengan Purchase Invoice.

Received Item(RI) jika select dari PO, maka nilai Persediaan akan dijurnal dengan harga sesuai PO, jika buat RI langsung tanpa Select PO makan Persediaan yang masuk sementara masih 0.

Namun bila tagihan yang datang atas penerimaan barang(RI) tersebut berbeda dengan harga di PO atau memang RI belum ada harga karena langsung buat RI tanpa buat PO, maka prilaku ACCURATE akan tergantung dari settingan kita di Setup | Preferences |Purchases, dari tiga pilihan yang ada disana kita set yang mana :

  1. Reupdated By Bill, maka ACCURATE akan mengupdate pengakuan nilai Persedian di tanggal Received Item sesuai dengan Bill/Purchase Invoice yang ReceiveBill dari RI tsb.
  2. Do Not Reupdate By Bill, ACCURATE tidak akan mengupdate pengakuan nilai Persediaan di RI, dan mengalokasikan selisih nilai Persediaan antara RI dengan Bill nya ke akun Difference Unbilled Account.
  3. Set to Reupdate By Bill if First Bill Date is On Period as Received Date, 
    pilihan ini mengabungkan perlakuan antara yang terdapat pada pilihan “Reupdate by Bill”, dengan pilihan yang terdapat pada “Do Not Reupdate By Bill”, namun dengan kondisi¬† terjadinya perubahan/perbedaan nilai persediaan. Akan menggunakan perlakuan pada pilihan “Reupdate By Bill” jika kondisi terjadinya perubahan/perbedaan nilai persediaan pada periode yang sama. Sedangkan akan menggunakan perlakuan pada pilihan “Do Not Reupdate By Bill” jika kondisi terjadinya perubahan/perbedaan nilai persediaan pada periode yang berbeda.

    Dalam pengaplikasiannya, accurate akan melihat kondisi pertama yang telah diinput oleh user/pengguna atas transaksi persediaan. Jika ada pengubahan kondisi dalam pengiputan transaksi persediaan setelahnya, accurate tidak akan mengubah cara perlakuannya.

(Available For versi 4&5)